http://www.smpn1singaraja.sch.id



Program Kerja PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Wednesday, 29 October 2008 19:46

LATAR BELAKANG

 

Sebagai latar belakang penyusunan rencana kegiatan sekolah berikut disajikan kondisi ideal sesuai SNP, kondisi nyata sekolah dan upaya-upaya yang ditempuh untuk mencapai kondisi ideal sekolah.
1. Kondisi Ideal Sesuai SNP

No

Aspek

Kondisi Ideal

1

Pengembangan SKL

o       Terdapat SKL nasional

o       Memiliki dokumen SKL internasional

o       Prestasi akademik dan non akademik, al :

@       Keikutsertaan UI

@       Rata-rata UN = minimal 8,50

o       Rata-rata UN Matematika = 8,50

o       Rata-rata UN Bhs Inggris = 8,50

o       Rata-rata UN Bhs Indonesia = 8,50

o       Rata-Rata UN Sains = 8,50

@       Rata-rata US  = minimal 8,50

o       Agama = 8,50

o       PKn = 8,50

o       IPS = 8,0

o       Seni Budaya = 8,50

o       Penjas = 8,47

o       TIK = 8,50

o       Bhs Bali = 8,50

o       Budi Pakeri = 8,50

@       Keikutsertaan dalam OSN :

o       Bidang matematika : Lolos Tk Nasional

o       Bidang fisika : Lolos Tk Nasional

o       Bidang biologi : Lolos Tk Nasional

@       Keikutsertaan dalam IJSO : Lolos Tk Nasional

@       Prestasi akademik :

o       Bidang Matematika : Juara I Propinsi

o       Bidang Fisika : Juara I Propinsi

o       Bidang Kimia : Juara I Propinsi

o       Bidang Biologi : Juara II Propinsi

o       Bidang TIK : Juara II Propinsi

o       Bidang Bhasa Inggris : Juara I Propinsi

o       Bidang Bahasa Indonesia : Juara I Propinsi

@       Prestasi non akademik :

o       Bidang olahraga : Juara I Kabupaten (futsal),   Juara I Propinsi (renang)

o       Bidang seni : Juara I Kabupaten (porseni: lukis dan tari)

o       Bidang keagamaan : Juara I kabupaten (Islam dan Hindhu)

o       Output sekolah :

o       Diterima di luar negeri : 10%

o       Diterima di SMA/K RSBI : 85%

o       Diterima disekolah favorit lainnya : 5%

o       Angka DO = 0%

2

Pengembangan Standar Isi (kurikulum)

o       Memiliki kurikulum nasional

o       Penjabaran SKL nasional ke dalam SK-SK

o       Penjabaran SK ke dalam KD-KD

o       Memiliki silabus dan RPP sesuai KTSP

o       Mencoba memberlakukan kurikulum nasional plus untuk mata pelajaran matematika, sains, bhs inggris dan TIK

o       Memiliki dokumen kurikulum internasional

3

Peningkatan Proses Belajar Mengajar

o       Persiapan pembelajaran

§         Kepemilikan silabus oleh guru : 100%

§         Kepemilikan RPP lengkap oleh guru : 100%

§         Kepemilikan sumber/bahan ajar oleh guru : 100%

§         Kepemilikan perangkat pemahaman guru terhadap karakteristik siswa : 100%

o       Persyaratan pembelajaran

§         Jumlah siswa per rombel : 24

§         Beban mengajar guru : 24 jam

§         Ratio jumlah siswa dengan buku teks 1 : 1

§         Pengelolaan kelas : 100%

o       Pelaksanaan pembelajaran bertaraf internasional

§         Penggunaan bilingual : 100%

§         Penggunaan IT : 100%

§         Penerapan pembelajaran student centered, reflective learning, active learning, enjoyble learning, joyful learning, cooperative learning, quantum learning, learning revolution, contextual learning : 100%

o       Pelaksanaan penilaian pembelajaran

§         Pengembangan instrumen PHB : 100%

§         Variasi model penilaian : seluruh model

§         Pengolahan hasil penilaian : komputer

§         Pemanfaatan hasil : multi manfaat

o       Pengawasan proses pembelajaran

§         Kegiatan pembelajaran : 100%

§         Supervisi pembelajaran : 100%

§         Evaluasi pembelajaran : 100%

§         Dokumen hasil belajar : 100%

§         Tindak lanjut : 100%

4

Pengembangan Tenaga Pendidik dan Kependidikan

o       Kepala sekolah :

§         Kualifikasi : S2

§         Pelatihan bahasa inggris

§         Pelatihan IT

§         Pelatihan kepemimpinan

§         Pelatihan MBS

§         Pelatihan kewirausahaan

§         Pelatihan supervisi

§         Pelatihan administrasi sekolah

§         Pelatihan KTSP

o       Guru :

§         Kualifikasi : 100% S1

§         Pelatihan bahasa inggris : semua guru

§         Pelatihan IT : 100%

§         Pelatihan subject matter : 100%

§         Pelatihan KTSP

§         Pelatihan pengembangan profesionalisme : 100%

o       Tenaga Administrasi, Laboran, Teknisi :

§        Pelatihan bahasa inggris

§        Pelatihan IT

§        Pelatihan bidangnya

5

Pengembangan fasilitas/sarana

o       Fasilitas :

§         Lab bahasa 1 lokal lengkap dengan fasilitasnya

§         Lab komputer 1 lokal (32 unit komputer P4)

§         Lab Biologi 1 unit lengkap

§         Lab Fisika 1 unit lengkap

§         Perpustakaan standar (memiliki jaringan internet)

§         Ruang multimedia/riset

§         Kelas multimedia

§         Rasio ruang kelas terhadap jumlah siswa 1 : 24

§         CCTV :  semua ruangan

o       Fasilitas pendukung :

§         Kantin sehat

§         UKS

§         Ruang konseling

§         Show room

§         Kamar kecil memenuhi standar nasional

§         Sanitasi baik

§         Ruang administrasi representatif

o       Sarana Pendukung :

§         Komputer untuk guru : 100%

§         Komputer tata usaha : 100%

§         Sarana olah raga : 100%

6

Pengembangan Manajemen Sekolah

o       Pengembangan sekolah bertaraf internasional (ISO)

o       Sistem manajemen berbasis IT

o       Sistem dokumentasi dan publikasi mantap

7

Pembiayaan

o       Memiliki sumber dana yang tetap

o       Jumlah dana 3.000.000.000

o       Sistem pengelolaan keuangan 100% memenuhi standar nasional

8

Pengembangan sistem penilaian

o       Memiliki sistem penilaian yang tersusun rapi dan terencana

o       Memiliki bank soal sebagai data base sistem penilaian

o       Memiliki sistem administrasi validasi soal secara menyeluruh

o       Memiliki dokumen penilaian yang lengkap

o       Memiliki standar penilaian sesuai dengan standar kompetensi (KKM)

9

Budaya dan Lingkungan Sekolah

o       Mampu menerapkan budaya on and full time (< 100%)

o       Desiplin dapat dibanggakan

o       Lingkungan sekolah asri/sejuk

o       9K efektif dalam menjalankan tupoksinya


Last Updated on Saturday, 18 September 2010 06:20